Informasi Seputar Ikan Hias dan Hobi...Informasi Seputar Ikan Hias dan Hobi...Informasi Seputar Ikan Hias dan Hobi

Selasa, 29 Mei 2012

Komet si Cantik yang Gemulai

Ikan Mas Komet (Carassius Auratus) terbiasa dipanggil ikan komet memiliki ciri fisik yang sangat khas dari ikan lain, bentuknya yang sedikit agak memanjang dan memipih tegak (compresed) menjadi pembeda dari ikan lainnya. Selain itu, letak mulutnya pun terletak di ujung tengah dan dapat disembulkan. Bagian ujung mulut memiliki dua pasang sungut. Diujung dalam mulut terdapat gigi kerongkongan yang tersusun atas tiga baris dan gigi geraham secara umum.
Hampir seluruh tubuh ikan komet ditutupi oleh sisik kecuali beberapa varietas yang memiliki beberapa sisik. Sisik ikan komet termasuk sisik sikloid dan kecil. Sirip punggung memanjang dan pada bagian belakangnya berjari keras. Letak sirip punggung bersebrangan dengan sirip perut. Garis rusuk atau line literalis pada ikan mas komet tergolong lengkap berada di pertengahan tubuh dan melentang dari tutup insang sampai ke ujung belakang pangkal ekor.

Ikan berpostur ramping ini pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat Cina pada tahun 1729. Awalnya bentuk ikan komet ini seperti ikan maskoki. Karena kedua jenis ikan mas ini masih satu kerabat, yakni dari keluarga Cyprinidae. Pada zaman Dinasti Ming (tahun 1368-1644) popularitas ikan komet makin menanjak. Saat inilah bermunculan berbagai macam ikan mas koki dengan tubuh yang unik dan bervariasi. Setelah itu, penyebaran ikan komet berkembang sampai ke Negeri Sakura.

Ikan komet di alam biasanya memijah setelah musim hujan karena pada saat musim hujan  banyak daratan yang terendam air yang telah kering pada beberapa bulan. Hal inilah yang merangsang ikan untuk memijah pada tempat yang tergenang tersebut. Hal ini disebabkan karena daerah yang terendam tersebut mengeluarkan bau khas dari dalam tanah, sehingga merangsang induk ikan memijah di tempat itu. Selain itu, ikan komet betina biasanya bertelur di dekat tumbuhan di dalam air dangkal yang tertembus sinar matahari, telur-telur tersebut kemudian menempel pada akar tanaman air yang lembut.

Siklus hidup ikan yang memiliki darah keturunan ikan maskoki ini dimulai dari perkembangan di dalam gonad (ovarium pada ikan betina yang menghasilkan telur dan testis pada ikan jantan yang menghasilkan sperma), kemudian telur akan dibuahi oleh sperma dan menetas dalam waktu 2-3 hari. Setelah itu menjadi larva dan menjadi ikan komet dewasa yang cantik.



Apakah anda tertarik untuk menjadi hobies ikan komet, dijamin anda tidak akan kecewa dengan penampilan ikan yang mampu membuat akuarium atau kolam di rumah anda menjadi ramai dan hidup karena lenggak-lenggok tubuhnya yang ramping bak peragawati kelas atas dengan ekornya yang panjang menjuntai (komet slayer).....Dijamin karena saya juga seorang hobies komet berat hehehe...ohh komet, I Love You Forever!!!

Atau mungkin anda tertarik untuk berbisnis ikan komet? tidak ada ruginya, dengan catatan pasarnya ada lho....Berminat? 


(Artikel & gambar dari berbagai sumber)

10 komentar:

  1. lucu ya ikannya, jadi pengen pelihara nih..hhehe
    kunjungi blogku juga ya di Bagus Blog of Fisheries

    BalasHapus
    Balasan
    1. tq sdh berkunjung di my blog. Dicoba aja dulu.... apalagi nih ikan murah meriah.Perawatannya gampang kok..udah melihara ikan apa aja di rumah?

      Hapus
  2. dicampur dgn ikan lain aman gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kometnya jangan dicampur dgn ikan sumatra, manfish, jenis ikan chiclid bisa habis sirip komet digerogoti. Komet bisa dicampur dgn mas koki, koi berukuran kecil atau redfin

      Hapus
  3. kometku udah saling kejar2an, tp ko ga bertelur2 ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. coba dikasi ijuk untuk tempat bertelurnya
      2. akuariumnya jangan taruh ditempat yang sering dilewati orang/rame.
      3. cek lagi kelamin kometnya, jangan2 sesama jantan lagi berantem..hehehe...
      4. Ada saran dari rekan hobies lain?
      semoga berhasil....mas heri

      Hapus
  4. Numpang jualan gan. jualan artemia dan spirulina sebagai pakan alami larva ikan. Terimakasih dan sukses selalu>
    Yanto 0812 2841 280

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan yang bagi peternak ikan atau yg lagi nyoba2 ternak ikan atauu yang pingin ngasih makan ikan kesayangannya dengan pakan alami. Biasanya kalo diberi pakan alami warna ikan bisa lebih cerah lho...boleh dicoba....

      Hapus
  5. Mas,,,bedanya ikan koi dengan ikan komet tuh gimna???hwehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedanya ikan koi dan komet nih:
      1. Koi bisa tumbuh semakin besar mencapai 1 meter, Komet pertumbuhannya maksimal sebesar telapak tangan orang dewasa.
      2. Koi di bagian depan mulutnya ada 2 sungut/kumis, Komet sih nggak punya sungut/kumis.
      3. Koi bagusnya kalo dilihat dari sisi atas (cocok dipelihara di kolam), Komet lebih kelihatan cantik kalo dilihat dari samping (cocok dipelihara di akuarium).
      4. Koi posturnya lebih padat berisi kayak torpedo kalo dilihat dari atas ya, Komet lebih langsing lagi kayak gadis seksi gitu.
      5. Perbedaan terakhir nih mas, Koi lebih mahal lho apalagi yang kualitasnya bagus, Komet sih lebih murah walaupun sudah gede( masih terjangkau hehehe..)

      Segitu aja beda si koi dengan si komet. Sebenarnya masih ada beda yang spesifik/lebih detail lagi tapi nanti malah bingung waktu mau beli. Gampang kok bedain 2 jenis ikan mas tersebut.

      salam komet maniak.....

      Hapus