Informasi Seputar Ikan Hias dan Hobi...Informasi Seputar Ikan Hias dan Hobi...Informasi Seputar Ikan Hias dan Hobi

Minggu, 19 Februari 2012

Jenis-Jenis Ikan Koi Penghuni Kolam


 

1. Kohaku
   Kohaku lahir pada masa Bunka dan Bunsel (1804-1829) dari persilangan antara koi merah dan koi putih. Jenis ini memiliki perpaduan warna merah dan putih mirip bendera Jepang. Diantara semua jenis ikan koi yang ada kohaku adalah "Ratunya Koi". Saking populernya, ada pepatah yang mengatakan, "Memelihara koi dimulai dari kohaku dan berakhir dengan kohaku". Koi kohaku dianggap berkualitas prima jika warna putihnya seputih salju dan warna merahnya gelap. 


2. Taisho Sanke
    Jenis ini memiliki warna dasar tubuh putih dihiasi bercak merah dan hitam (triwarna). Koi taisho sanke akan berkualitas prima jika warna putihnya seputih salju dan merahnya pekat. Taisho sanke yang warnanya merah merambat dari kepala hingga ekor disebut aka sanke. Ada 10 jenis taisho sanke yaitu: Aka Sanke, Fuji Sanke, Doitsu Aka Sanke, Koromo Sanke, Kanoko Sanke, Sanke Susui, Kinginrin Sanke, Tancho Sanke, Inazuma Sanke, Tsubaki Sanke. 

3. Showa Sanshoku
    Jenis ini memiliki warna dasar tubuh hitam dengan hiasan warna putih dan merah di bandannya. Warna merah di daerah kepala harus cukup besar, merata dan pekat. Putih harus seperti salju dan menyebar sekitar 20% dari seluruh permukaan tubuh, terutama pada kepala, punggung dan ekor. Ada 7 jenis showa sanshoku yaitu: Boke Showa, Hi Showa, Kindai Showa, Inazuma Kindai Showa, Ginrin Showa, Kin Showa, Doitsu Showa. 

4. Bekko 
   Jenis bekko adalah koi yang memiliki perpaduan warna  dasar tubuh putih, merah dan kuning dengan bercak hitam yang menghiasi tubuhnya. Ada 4 jenis bekko yaitu: Shiro Bekko, Aka Bekko, Ki Bekko, Bekko Doitsu. Gambar samping adalah jenis shiro bekko.  

5. Utsurimono
   Jenis ini  memiliki warna dasar tubuh hitam. Sedangkan bercaknya berwarna putih, merah atau kuning. Dalam bahasa Jepang, utsuri berarti hitam. Jenis ini pertama kali ditemukan oleh Mr. Kazuo Minemura. Ada 4 jenis utsuri yaitu: Shiro Utsuri, Ki Utsuri, Hi Utsuri, Utsuri Doitsu.

6. Asag
  Jenis ini adalah koi berwarna biru (biru tua hingga biru cerah) pada punggungnya terdapat sisik-sisik berwarna putih pucat sehingga warna birunya tampak berbentuk kotak yang tersusun rapi. Warna merah menghiasi kedua pipi, perut dan lipatan siripnya. Ada 5 jenis asagi yaitu: Konjo Asagi, Narumi Asagi, Mizu Asagi, Asagi Sanke, Taki Asagi.


7. Shusui
    Jenis koi yang ditemukan oleh Mr. Yoshigoro pada tahun 1910 ini adalah hasil persilangan antara asagi sanke dengankarper kaca doitsu. Shusui mempunyai sisik besar berwarna kebiruan yang memanjang di punggungnya serta berkulit halus(tanpa sisik) denganbercak merah pada perutnya. Ada 4 jenis shusui yaitu: Hana Shusui, Hi Shusui, Ki Shusui, Pearl Shusui.

8. Koromo
    Jenis koi ini merupakan persilangan antara kohaku/asagi dengan sanshoku.
Ciri koromo memiliki badan yang dihiasi warna merah seperti pada kohaku dan sanshoku dengan kombinasi sisik kebiruan seperti asagi. Ada 5 jenis shusui yaitu: Ai Goromo, Sumi Goromo, Budo Sanshoku, Koromo Sanke, Koromo Showa. 


9. Kawarimono
   "Warna yang aneh", itulah sebutan bagi jenis koi yang satu ini. Adanya penyimpangan saat persilangan membuat koi ini tampak unit dan menarik. Ada sekitar 20 jenis koi ini yaitu: Kigoi, Karasugoi, Hajiro, Hageshiro, Yotsujiro, Matsukawa-bake, Kumornyu, Asagi Suminagashi, Asagi Sanshoku, Chagoi, Matsubagoi, Midorigoi, Goshiki, Sanke Shusui, Showa Shusui, Kanoko Kohaku, kage Utsuri, Kanonoko, Kanoko Kohaku, Kanoko Sanshoku.


10. Ogon
   Jenis ini merupakan koi yang berwarna keemasan tanpa bercak. Koi berwarna cerah ini ditemukan pada tahun 1946 oleh Mr. Sawata Aoki. Ada 9 jenis koi ogon yaitu: Yamabuki Ogon, Platinum Ogon, Shiro Ogon, Nezu Ogon, Orange Ogon, Hi Ogon, Kin Matsuba, Mizuho Ogon, Kin bo & Gin bo. 


11. Hikarimoyomono
    Jenis koi mempunyai warna keemasan dan keperakan yang merupakan persilangan antara ogon dengan jenis koi lainnya, kecuali utsuri. Ada 10 jenis koi ini yaitu: Yamabuki Hariwake, Hariwake Doitsu, Kikusui, Hyakunenzakura, Platinum Kohaku, Yamatonishiki, Kinsui, Sho Chiku Bai, Kujaku Ogon, Tora Ogon.


12. Hikari-Utsurimono
     Jenis koi ini berasal dari hasil persilangan keluarga utsuri (berwarna dasar hitam) dengan ogon (keperakan). Ada 3 jenis koi ini yaitu: Kin-showa, Ginshiro, Kin-ki-utsuri.


13. Kinginrin
     Jenis  koi ini memiliki warna keperakan di badannya. Sebenarnya jenis koi ini bisa ditemi pada semua golongan koi. Misalnya, kinginrin kohaku adalah koi dengan ciri-ciri kohaku tetapi memiliki corak keemasan di atas warna merah dan keperakan di atas warna putih. Ada 3 jenis koi kinginrin yaitu: Kinginrin-showa, Kinginrin-bekko, Hikarimono kinginrin.


14. Tancho
     Jenis koi yang satu ini sangatlah populer di kalangan pecinta koi sebab memiliki bulatan merah pada kepalanya sehingga mengingatkan orang kepada bendera Jepang. Syarat tancho yang adalah tidak boleh ada bercak merah yang lain di badannya. Seekor tancho dikatakan berkualitas bagus apabila bulatan warna merah sempurna (tidak menyebar hingga ke bahu dan mata). Warna merah harus tebal dan cemerlang. Warna putih harus seputih salju.




(Artikel & Gambar dari berbagai sumber)

2 komentar:

  1. Izin share ke blog yaa gan ~> http://hati-aquarium.blogspot.com

    BalasHapus