Informasi Seputar Ikan Hias dan Hobi...Informasi Seputar Ikan Hias dan Hobi...Informasi Seputar Ikan Hias dan Hobi

Senin, 28 Mei 2012

Guppy, si Mungil penuh Warna



Guppy termasuk ke dalam genus Poecilia dan diberi nama ilmiah Poecilia Reticulata. Nama Reticulata berasal dari bahasa Latin yang diambil dari corak tubuhnya yang loreng-loreng. Ikan berpostur mungil nan cantik ini memiliki ukuran untuk jantan ± 4cm dan betina ± 7cm. Penampilan guppy jantan dengan guppy betina nampak jelas sekali perbedaannya. Tubuh guppy jantan lebih pendek dari guppy betina. Warna guppy jantan lebih elok dan bervariasi dibandingkan dengan guppy betina. Ekor guppy jantan lebih lebar dari guppy betina yang lebih sempit. 


Sebagai ikan tropis, guppy hidup dengan pada suhu 25-28’C, bahkan masih hidup sampai dengan suhu 32’C. Kualitas air dengan pH rendah (di bawah 7) pertumbuhannya menjadi lamban dan bukaan ekornya tidak sempurna; jika dipelihara di air dengan pH tinggi (di atas 7) pertumbuhannya menjadi cepat dan bukaan ekornya sempurna; sedangkan pada pH 7,5-8 nafsu makannya bertambah dan pertumbuhan ekornya membaik. Namun pH air sangat ekstrem (5 atau 9) guppy akan mati. Ikan kecil ini termasuk ikan omnivora.

Guppy berkembang biak dengan cara membuahi telur-telurnya di dalam tubuh induk betina/beranak (Livebearing). Predikat sebagai ikan cepat beranak atau produktif sudah melekat pada guppy sejak lama karena ikan ini bisa dikawinkan sepanjang tahun tanpa menunggu musim tertentu/tanpa masa istirahat. Setiap kali perkawinan dapat jadi 3x kelahiran. Waktu kelahiran berkisar 3 minggu, seekor betina dapat menghasilkan 60 ekor burayak. Dengan memahami proses pembuahan sampai  dengan kelahiran ikan guppy, maka perlu dipakai suatu metode agar perkawinan guppy dengan mudah dapat diatur dan dikendalikan sesuai dengan keinginan kita. Kelemahan dari pembudidayaan guppy adalah ketidaktelitian terutama yang menggunakan sistem kawin massal. Untuk mencari guppy yang bagus biasanya dicari betina yang ekornya bagus. Sedangkan untuk jantan dicari warna yang paling cerah juga dominan.

Sayangnya, ikan mungil yang mudah berkembang biak ini memiliki tabiat kurang bagus terhadap keturunannya sendiri, yakni tidak mempunyai naluri merawat anaknya (memangsa anaknya sendiri).

Guppy dibagi berdasarkan bentuk ekornya, yaitu:
1. Wide tail (ekor lebar).
2. Sword tail (ekor panjang).
3. Short tail (ekor pendek).

Keindahan ikan kecil nan cantik ini bisa dijadikan sebagai hobi yang sangat menyenangkan dan memberikan penghasilan bagi sebagian orang yang melihat adanya peluang usaha. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk hobies ikan yang berencana menjadikan hobinya sebagai ladang mata pencaharian.

(Artikel & gambar diambil dari berbagai sumber)


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar